Minum Arak (Khamar)

Maret 5, 2007 linggar

PENGERTIAN ARAK

Arak ialah minuman yang memabukkan. Dalam bahasa Arab dinamakan khamar, berasal dari kata khamara artinya menutupi. Seseorang yang minum arak atau khamar, biasanya ia mabuk, hilang akal fikirannya tertutup jalan kebenaran, dan ia melupakan dirinya dan melupakan Allah.

Minum arak hukumnya adalah haram,  sedikit atau banyak, mabuk atau pun tidak, kecuali ketika darurat, dan arak itu adalah najis ainnya. Firman Allah yang bermaksud :

”Wahai orang-orang yang beriman bahawa sesungguhnya arak dan judi, dan pemujaan berhala dan mengundi nasib dengan batang-batang anak panah, adalah semata-mata kotor (najis / keji) dari perbuatan syaitan. Oleh karena itu hendaklah kamu menjauhinya supaya kamu beruntung”.

(Surah Al- Maidah ayat 90)

HUKUM ORANG YANG MINUM ARAK

Dalam Qanun jenayah syar’iyyah, seseorang yang telah dijatuhi kesalahan minum arak atau sedikit minuman yang memabukkan, meskipun dia mabuk atau pun tidak, wajib dikenakan hukuman cambuk tidak lebih dari 80 kali, dan tidak kurang dari 40 kali cambuk. Hukuman ini adalah berdalil-kan hadisth Rasulullah s.a.w yang diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib r.a :

”Rasulullah s.a.w telah menyambuk orang yang minum arak sebanyak 40 kali sebat, dan Sayyidina Abu Bakar telah menyambuk sebanyak 40 kali juga, dan Sayyidina Umar menyambuk sebanyak 80 kali. Semuanya adalah sunnah Rasulullah s.a.w. dan inilah yang paling aku suka”.
 

KESALAHAN MINUM ARAK(KHAMAR)

Untuk menjatuhkan kesalahan seseorang minum arak (khamar) adalah termasuk dibawah tiga sebab:

i) Minuman yang diminum itu ialah khamar, yaitu minuman yang memabukkan dan yang menghilangkan akal fikiran manusia

ii) Orang yang meminum minuman itu mengetahui bahwa minuman yang diminum tadi memabukkan dan menutup akal fikiran.

iii) Sengaja melakukan kesalahan meminum minuman yang memabukkan.

Seseorang yang meminum minuman yang bisa memabukkan, tetapi ia tidak tahu bahwa, dengan meminum minuman itu ia akan menjadi mabuk, maka tidak boleh dikenakan hukuman had kepada orang yang meminum minuman itu, sekalipun dengan sebab meminum tadi ia menjadi mabuk.

PEMINUM ARAK YANG BOLEH DIKENAKAN HUKUM HADD

Orang yang melakukan kesalahan minum arak (khamar) yang wajib dikenakan hukuman hadd adalah yang termasuk dalam syarat-syarat berikut:

i) Baligh
ii) Berakal
iii) Keinginan sendiri tanpa dipaksa oleh siapa pun
iv) Minuman itu masuk kedalam rongga melalui mulut

Anak – anak yang belum baligh atau orang yang gila yang minum arak (khamar) tidak boleh dikenakan hukuman hadd kepada mereka, karena perbuatan mereka itu tidak bisa dianggap sebagai perbuatan jinayah syar’iyyah yang bisa dikenakan hukuman hadd. Ini adalah berdalil-kan hadisth Rasulullah s.a.w. yang berbunyi:-

”Allah tidak akan menyiksa tiga golongan manusia, yaitu anak-anak sehingga ia baligh, orang yang tidur sehingga ia bangun dari tidurnya, dan orang yang gila sehingga ia sembuh dari gila’.

(Riwayat Bukhari dalam Sahih)

BUKTI-BUKTI YANG MENJATUHKAN KESALAHAN MINUM ARAK (KHAMAR)

Bukti – bukti yang dapat menjatuhkan kesalahan seseorang itu minum arak (khamar) yang boleh dikenakan hukuman hadd adalah sebagaimana berikut:-

1) Syahadah (kesaksian)
2) Ikrar (pengakuan)

Kesalahan minum arak (khamar) boleh dibuktikan dengan keterangan lisan yang diberi oleh dua orang saksi atau dengan ikrar (pengakuan) yang dibuat oleh orang yang dituduh itu dengan kerelaan dirinya sendiri tanpa paksaan dari pihak pun.

Saksi-saksi dari pihak pendakwa atau penuduh harus terdiri dari dua orang lelaki yang mempunyai syarat-syarat yang cukup. Jika saksi-saksi itu semuanya terdiri dari orang-orang perempuan atau seorang lelaki berserta dengan beberapa orang perempuan, maka kesaksian mereka itu tidak boleh diterima dan tidak boleh ddijatuhkan hukuman orang yang dituduh tadi, karena kesaksian mereka itu bisa mendatangkan keraguan.

Entry Filed under: jinayat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Maret 2007
S S R K J S M
    Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: